Artis di China Jadi Korban Malpraktik Operasi Plastik, Ujung Hidung Rusak dan Berwarna Hitam

Artis di China Jadi Korban Malpraktik Operasi Plastik, Ujung Hidung Rusak dan Berwarna Hitam

Seorang artis wanita di China mengunggah foto yang menghebohkan media sosial. Melalui media sosial Sina Weibo, wanita bernama Gao Liu menunjukkan foto hidungnya pascaoperasi plastik yang menjadi korban malpraktik. Dalam foto tersebut, hidungnya tampak rusak dan berwarna hitam karena bedah kosmetik yang dijalaninya.

Dilansir , Gao Liu adalah seorang penyanyi dan aktris. Dia telah membintangi banyak film dan program TV di China. Liu menjadi satu diantara aktris yang sempat naik daun.

Namun, popularitasnya menurun dalam beberapa bulan terakhir. Ia absen dari dunia hiburan selama berbulan bulan. Hingga akhirnya, Liu muncul kembali melalui platform Sina Weibo.

Liu membagikan foto yang dapat diakses oleh lima juta pengikutnya. Dalam beberapa foto yang diunggah, tampak hidungnya yang rusak. Ada yang terlihat berdarah, ada pula potret yang menunjukkan ujung hidungnya yang berubah warna menjadi hitam.

Liu menceritakan, pada Oktober 2020 lalu, temannya memperkenalkan seorang ahli bedah plastik kepada dirinya. Mereka bertemu di sebuh klinik di kota Guangzhou bagian selatan. Aktris tersebut mengatakan, dia memutuskan untuk melakukan operasi pada hidungnya.

Liu ingin agar hidungnya "sedikit lebih mancung". Dengan hidung yang lebih baik, Liu menganggap bahwa kariernya akan semakin menanjak. "Seluruh prosedur berlangsung empat jam. Saya pikir dalam empat jam ini, saya akan menjadi lebih cantik," katanya.

"Aku tidak menyangka empat jam ini menjadi awal dari mimpi buruk," imbuhnya Liu. Liu melanjutkan, setelah menjalani prosedur operasi, hidungnya terasa "pegal dan kesemutan". Hidung Liu berulang kali terinfeksi.

Meskipun begitu, ahli bedah plastik yang menangani Liu mencoba menenangkannya. Ia menyebutkan, Liu dapat kembali bekerja pada Desember atau Januari 2021. "Kulit di ujung hidung saya…menjadi lebih gelap dan lebih gelap, dan hidung saya menjadi nekrotik," ujarnya.

Alhasil, Liu pun menderita nekrosis hidung. Jaringan di ujung hidungnya telah mati. Kondisi tersebut sempat membuatnya berpikir untuk bunuh diri.

Liu akhirnya dirawat di rumah sakit selama dua bulan. Selama itu, dia telah kehilangan pekerjaannya senilai 400.000 yuan atau sekitar Rp 866 juta. Liu mengatakan, dia tidak ingin menjalani operasi lanjutan yang seharusnya berjalan setidaknya selama satu tahun.

Tingkat kerusakan pada hidungnya yang parah membuatnya enggan melanjutkan. Situs berita The Paper telah membagikan data publik dari Biro Kesehatan Distrik Tianhe di kota tersebut. Data menunjukkan, klinik tempat Liu menjalani operasi telah menerima lima sanksi administratif antara Maret dan Oktober 2020.

Tidak jelas aturan apa yang dilanggar. Sejumlah keluhan juga telah disampaikan tentang klinik tersebut sejak Liu membagikan pengalamannya. Sementara itu, para netizen di media sosial meminta pihak yang terlibat dalam operasi Liu untuk dimintai pertanggungjawaban.

Netizen lainnya menuntut regulasi yang lebih baik dalam kasus bedah kosmetik di China. Belum diketahui bagaimana kondisi terkini di klinik tempat Liu ditangani. Namun, investigasi masih berlangsung hingga kini.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *