Berbagai Fitur Online Learning di UHAMKA

Berbagai Fitur Online Learning di UHAMKA

Online learning UHAMKA yang diterapkan dari awal 2020 lalu masih dilakukan sampai hari ini dikarenakan pandemi covid 19 yang belum selesai. Online learning atau Pembelajaran daring ini tentunya bukan hal yang baru lagi. Berbagai universitas di Indonesia menjadikan online learning sebagai langkah antisipatif dari penularan virus covid 19.

 

UHAMKA saat ini telah memaksimalkan pembelajaran jarak jauhnya menggunakan aplikasi moodle. Fitur yang tersedia pada moodle sendiri yakni pengaturan mata kuliah, penulisan materi, assigment, chat, forum, quiz, dan survey.

 

Sebelum log in ke aplikasi moodle, dosen ataupun mahasiswa wajib terdaftar pada sistem. Dosen ataupun mahasiswa yang belum terdaftar dapat menghubungi ICT UHAMKA untuk mendapatkan akun, yang kemudian melakukan log in pada situs onlinelearning.uhamka.ac.id.

 

Untuk tampilan pada log in sebagai dosen terdapat ftur pengaturan mata kuliah, penulisan materi kuliah online, dan berbagai macam activity & resource lainnya.

 

Sedangkan pada tampilan mahaiswa terdapat ftur assigment, dimana kamu bisa mengetik langsung jawaban tugas yang diberikan. Kemudian ada ftur chatting, sebenarnya ini seperti chatting biasa yang bisa digunakan untuk saling mengobrol. Kemudian ada ftur forum, digunakan untuk melakukan diskusi antar mahasiswa dan juga dosen. Yang terakhir adalah ftur quis. Fitur quis ini digunakan untuk dosen yang mengadakan ujian ataupun juga quis dadakan.

 

 

UHAMKA nampaknya sangat siap dengan online learning di pandemi jilid 2. Namun, tidak semua mahasiswa dan juga dosen mengerti bagaimana cara menggunakan e – learning tersebut. Selain itu, kuota dan sinyal juga terkadang menjadi kendala saat kuliah online. Namun, beberapa yang disukai mahasiswa yaitu kuliah online tidak perlu memakai baju rapi – rapi. Dan juga bisa kuliah sambil rebahan.

 

Pembuatan aplikasi moodle ini tentunya dibuat untuk membantu mahasiswa dan dosen dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Selain itu juga aplikasi moodle ini dibuat agar online learning uhamka ini tetap interaktif dan bermutu seperti saat kuliah offine.

 

Semoga seluruh mahasiswa dan juga dosen tetap semangat dalam melakukan online learning ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *