Bocoran Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 16 dan Pembukaan Pendaftaran Gelombang 17

Bocoran Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 16 dan Pembukaan Pendaftaran Gelombang 17

Program Kartu Prakerja Gelombang 16 telah ditutup pada Minggu (28/3/2021) pukul 23.59 WIB. Saat ini peserta yang telah mengikuti seleksi tinggal menunggu pengumuman. Selain itu, pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 kemungkinan juga akan dibuka.

Lantas, kapan pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16? Terkait hal itu, Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, hasil seleksi akan diumumkan pada minggu ini. "Pengumuman hasil seleksi gelombang 16 akan kami umumkan dalam minggu ini," ujarnya saat dihubungi , Senin (29/3/2021).

Menilik pada gelombang sebelumnya, pengumuman dilaksanakan sekira 3 4 hari setelah waktu penutupan. Jadi kemungkinan hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16 akan diumumkan pada Rabu (31/3/2021) atau Kamis (1/4/2021). Pada kesempatan yang berbeda, Louisa mengungkapkan, manajemen tidak menutup kemungkinan kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17.

"Kami masih memantau kemajuan para penerima Kartu Prakerja dalam membeli pelatihan pertama," kata Louisa Tahutu, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program kartu Prakerja, kepada media, Senin (29/3/2021) sebagaimana diwartakan . Ia mengatakan, dengan dibukanya gelombang 16 maka target untuk merekrut 2,7 juta peserta di semester 1 sudah tercapai. Pendaftaran gelombang 17 bakal dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12 16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Menurut Permenko, para peserta harus sudah membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak maka kepesertaannya akan dicabut. "Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk gelombang 12 batas akhir pembelian pelatihan pertama adalah 1 April 2021 pukul 23.59 WIB. Sehingga manajemen masih harus menunggu kemajuan gelombang 13 16, sebelum membuka gelombang 17. Bisa dikatakan mengumpulkan kuota yang tersisa dari gelombang 12 hingga 16.

Bagi Anda yang telah mengikuti seleksi pada gelombang 16, berikut cara ceknya. Pertama yakni melalui halaman dasboard Kartu Prakerja. Pada tanggal pengumuman seleksi, login ke akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id lalu cek di dashboard.

Peserta dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Itu ciri ciri peserta yang dinyatakan lolos seleksi. Selanjutnya, tanda jika tidak lolos, akan ada notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dashboard akun peserta.

Bagi peserta yang belum lolos, tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, peserta masih bisa mengikuti program Kartu Prakerja di gelombang berikutnya. Ciri lain peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja yakni menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.

Pastikan nomor handphone yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja sama seperti yang dipakai sekarang atau aktif. Sementara itu, peserta yang tidak lolos tidak akan mendapatkan SMS pemberitahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *