Manfaat, Dosis, & Efek Samping Zibramax : SehatQ

Manfaat, Dosis, & Efek Samping Zibramax : SehatQ

ZIBRAMAX 500 MG TABLET ialah obat antibiotik yang mengandung Azithromycin. Azithromycin sebagai kelompok makrolida yang aktivitasnya pada bakteri gram positif dan gram negatif. Obat ini bekerja dengan mengikat sub unit 50s dari ribosom bakteri hingga menghalangi translasi mRNA. Dengan begitu sistesis protein akan terusik hingga perkembangan bakteri akan terhalang.

Kandungan dan Komposisi Zibramax

Kandungan dan komposisi produk obat atau suplemen dibagi jadi dua tipe yakni kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif ialah zat yang bisa memunculkan kegiatan farmakologis atau dampak langsung dalam analisis, penyembuhan, therapy, penangkalan penyakit atau untuk mempengaruhi susunan atau peranan dari badan manusia.

Kandungan dan komposisi Zibramax ialah:

Azithromycin 500 mg pertablet.

 

Indikasi zibramax

Manfaat obat zibramax (Azithromycin ) untuk penyembuhan infeksi aliran napas atas dan bawah : eksaserbasi bakteri kronis bronkitis akut karena H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, Pneumonia karena C. pneumoniae, H. influenzae, M. pneumoniae, atau S. pneumoniae, dan sinusitis kronis karena H. influenzae, M. catarrhalis, atau S. pneumoniae, otitis media kronis yang disebabkan karena H. influenzae, M. catarrhalis atau S. pneumoniae, faringitis atau tonsilitis yang disebabkan karena Streptococcus pyogenes. zibramax (Azithromycin ) dipakai juga untuk infeksi kulit dan susunan kulit tanpa kompleksitas karena S. aureus, S. pyogenes, atau S. agalactiae. zibramax (Azithromycin ) bermanfaat untuk penyakit yang disebarkan lewat hubungan seksual : uretritis dan serviceitis karena C. trachomatis atau N. gonorrhoeae, penyakit maag genital (chancroid) pada pria karena H. ducreyi

Dosis dan Ketentuan Gunakan Zibramax

Dosis adalah ukuran yang dipastikan dalam satuan berat atau volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan sebagainya) yang perlu dipakai untuk satu keadaan klinis tertentu dan frekwensi pemberiannya. Umumnya kekuatan jumlah ini bergantung pada keadaan klinis, umur, dan berat tubuh seorang. Ketentuan gunakan merujuk pada bagaimana produk kesehatan itu dipakai atau dikonsumsi. Berikut jumlah dan ketentuan gunakan Zibramax:

Dewasa :
– Penyakit yang ditularkan lewat jalinan 5eksual : 1 gr sebagai dosis tunggal.
– Infeksi saluran napas bagian atas dan bawah : 500 mg sekali satu hari sepanjang tiga hari.
– Infeksi kulit dan jaringan lunak : 500 mg pada hari awal, diteruskan dengan 250 mg sepanjang 4 hari selanjutnya.
Anak-anak : 10 mg/kg berat tubuh/hari diberi sekali satu hari sepanjang tiga hari.

Pemberian Obat Zibramax

Bisa diberi bersama atau tanpa makanan.

Efek Samping zibramax

Umumnya efek zibramax (Azithromycin ) yang ada ialah mual, muntah, diare, kembung, flatulensi, palpitasi, ngilu dada, dispepsia, dan ngilu pada perut. Grogi, ruam kulit, melena dan jaundice kolestatik, monilia, vaginitis dan nefritis, pusing, sakit di kepala, vertigo, somnolence, lemas, fotosensitifitas dan shock anafilaksis disampaikan terjadi pada penggunaan zibramax (Azithromycin ).

Di tahun 2013 , FDA keluarkan peringatan azitromisina (Azithromycin ) bisa mengakibatkan perubahan abnormal pada kegiatan listrik jantung yang bisa mengakibatkan irama jantung yang tidak teratur dan mempunyai potensi fatal

Kontraindikasi (tidak boleh dimakan pada keadaan)

Pasien dengan histori masalah fungsi hati yang karena gara-gara pemakaian antibiotik.
Pasien yang mempunyai alergi pada antibiotik kelompok makrolida.
Pasien yang konsumsi derivat ergot.

Artikel ini cuma untuk info obat, bukan saran klinis. saya merekomendasikan Anda untuk selalu lakukan konsultasi langsung sama dokter atau apoteker berkenaan info akurat sekitar obat.

Untuk info lengkap mengenai direktori obat yang lain dapat kunjungi laman sehatQ.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *